Vaksinasi Covid 19 di Islamic Centre Cirebon

CIREBON, attaqwacirebon.com. Merdeka dari Covid menjadi jargon sekaligus program harapan dari pemerintahan pusat untuk rakyat mendekati hari Kemerdekaan Indonesia. Program Merdeka dari Covid adalah upaya untuk melakukan vaksinasi secara masif kepada seluruh masyarakat Indonesia, seperti kegiatan vaksinasi di Masjid Raya Attaqwa Cirebon yang diselenggarakan atas kerjasama Attaqwa Centre Cirebon, DMI Kota Cirebon, Polres Cirebon Kota, dan Kodim 0614 Sunan Gunung Jati Cirebon.

Baca juga: Vaksinasi Untuk 1000 Marbot & Takmir Masjid se-Kota Cirebon Siap Digelar

Vaksinasi dengan 1000 kuota dosis pertama sinovac dikhususkan untuk marbot, DKM Masjid, dan aktivis masjid juga dibuka untuk umum, masyarakat Cirebon (07/08/21).

Kegiatan vaksinasi masal ditinjau langsung oleh Staf Khusus Presiden, Aminuddin Ma’ruf dan rombongan yang dikawal oleh Brigjen. S. Susanto. Menurut Aminuddin Ma’ruf melalui Ketua Harian Attaqwa Centre, KH. Ahmad Yani bahwa Masjid Raya Attaqwa adalah masjid pertama yang menyelenggarakan vaksinasi massal, public opinion terhadap vaksinasi sebetulnya baik terutama antusiasme masyarakat yang ingin sekali divaksin, namun berita-berita bohon atau hoax selalu memperdaya masyarakat.

Peninjauan Vaksinasi Oleh Staf Khusus Presiden, Aminuddin Ma’ruf

Terdapat beberapa tahap dalam kegiatan vaksinasi, antara lain:

1. Tahap Pendaftaran Administrasi

Pada tahap administrasi berfungsi untuk membantu proses vaksinasi lebih terarah. Hal tersebut terjadi dengan adanya pendataan penerima vaksin, baik dari data diri hingga data kesehatannya.

2. Tahap Screening Kesehatan

Pada tahap screening adalah proses pengecekan kesehatan dan kondisi penerima vaksin dengan atau tanpa riwayat penyakit sehingga dibolehkan mengikuti vaksinasi.

3. Tahap Pemberian Vaksin

Setelah selesei mengisi formulir  dan lolos screening maka tahap selanjutnya adalah pemberian vaksin dengan cara suntik.

4. Tahap Entry Data

Karena data vaksinasi itu menyeluruh dan terpusat agar mempermudah tracking daerah-daerah terbanyak penerima vaksin dan lainnya, maka formulir diserahkan pada bagian entry data untuk diinput pada database pemerintah pusat.

5. Tahap Observasi

Perlu diketahui bahwa vaksin bukanlah obat atau vitamin melainkan pemberian virus untuk melawan covid maka tahap observasi sangatlah penting. Pada tahapan ini adalah peninjauan reaksi penerima vaksi pasca-vaksinasi agar kemudian ditemani oleh tim dokter yang bertugas.

Baca juga: “Jangan sampai pulang vaksin, orang-orang jadi sakit”. Kapolres Cirebon Kota Antisipasi Kegiatan Vaksinasi di At-taqwa

Penyuntikan Vaksin dosis pertama

Karena Masjid Attaqwa adalah pelopor vaksinasi pertama golongan masjid dan lembaga pendidikan maka akan diselenggarakan vaksinasi tahap kedua dan menjadi percontohan untuk semuanya demi merdeka dari covid. (Akil)