CIREBON, attaqwacirebon.com — Vaksinasi Covid-19 sedang marak dilakukan sesuai dengan arahan pemerintahan pusat agar terciptanya “Indonesia Sehat” dengan masyarakat yang memiliki herd immunity akan wabah covid-19 yang masih berlangsung. Di Cirebon, Attaqwa Centre Cirebon bersama dengan Polres Cirebon Kota, Kodim 0614 Sunan Gunung Jati Cirebon, dan DMI Kota Cirebon menyelenggarakan Vaksinasi Massal Se-Cirebon dengan sasaran utama Marbot, DKM, & Aktivis Masjid.

Baca juga: At-Taqwa Centre & DMI Gandeng Kapolres Cirebon Kota Untuk Vaksinasi Para Pengurus DKM & Marbot Masjid Se-Cirebon

Menurut Ketua Harian Attaqwa Centre Cirebon, Dr. H. Ahmad Yani, M.Ag. pada rapat pemantapan yang diselenggarakan di Ruang Madya, Attaqwa Centre Cirebon, Kamis (05/08/2021) siang bahwa saat kegiatan vaksinasi berlangsung akan menutup akses kendaraan pengunjung di halaman Masjid Raya Attaqwa, baik kendaraan roda dua maupun kendaraan roda empat guna memudahkan proses pelaksanaan vaksinasi dan juga tidak menyebabkan kerumunan yang tidak semestinya. Rapat Pematangan dihadiri keempat lembaga yang bekerjasama menyelenggarakan vaksinasi membahas soal-soal mulai dari peserta penerima vaksinasi, himbauan, serta teknis vaksinasi yang akan dilakukan.

Rapat Vaksinasi Covid 19 di Islamic Centre Cirebon. Perwakilan Kodim 0614, Attaqwa Centre Cirebon, DMI Kota Cirebon & Polres Cirebon Kota

Kegiatan Vaksinasi Massal di Islamic Centre, Masjid Raya Attaqwa Cirebon menyediakan 1000 vaksin jenis Sinovac dosis pertamaRapat Pemantapan Kegiatan Vaksinasi Massal dosis pertama di Islamic Centre Cirebon Komplek Masjid Raya Attaqwa diselenggarakan melalui kerjasama Attaqwa Centre Cirebon, Polres Cirebon Kota, Kodim 0614 Sunan Gunung Jati Cirebon, Dan DMI Kota Cirebon.

Berikut hal-hal yang perlu disiapkan para penerima vaksinasi yang akan diselenggarakan pada Sabtu, 07 Agustus 2021 di Islamic Centre Cirebon.

1. Kesehatan Penerima Vaksin

Kesehatan menjadi hal penting dalam upaya vaksinasi, karena perlu diketahui vaksinasi itu bukan lah memberikan obat juga bukan memberikan vitamin pada tubuh, melainkan memberikan virus yang akan menjadi antibody pada virus covid-19.

Penerima vaksin yang harus dalam keadaan kondisi yang fit, tidak sedang sakit.

Selanjutnya vaksinasi sebenarnya dianjurkan bagi ibu hamil atau menyusui asalkan tidak sedang sakit, begitu pula bagi lansia dan anak diumur 12-17 tahun.

Bagi penerima vaksinasi yang memiliki riwayat sakit berat, perlu mendapatkan approval dari dokter tempat dia diperiksa.

Insyaallah, apabila kondisi badan sedang fit dan sehat. Maka vaksinasi tidak akan memberikan efek negatif apapun melainkan memberikan kekebalan baru.

Baca juga: “Jangan sampai pulang vaksin, orang-orang jadi sakit”. Kapolres Cirebon Kota Antisipasi Kegiatan Vaksinasi di At-taqwa

2. Apa yang perlu dibawa penerima vaksin?

Vaksinasi covid-19 menjadi syarat dalam kehidupan sehat termasuk juga administrasi yang bersifat sosial. Seperti melamar kerja, menggunakan moda transportasi massal dan lain-lain. Sehingga data individu yang telah dan belum divaksin perlu terpusat.

Keterpusatan data individu yang telah dan belum divaksin akan langsung diunggah oleh dinas yang bertanggung jawab untuk diinput ke pusat. Jadi KTP adalah syarat mutlak untuk menerima vaksin, agar proses input tidak lah mudah

Bagaimana dengan umur dibawah 17 atau yang tidak/belum memiliki KTP?

Nomor NIK pada Kartu Keluarga menjadi optional apabila tidak menggunakan KTP.

3. Bagaimana Nomor Antrian & Teknis Vaksinasi?

Nomor antrian penerima vaksinasi massal di Islamic Centre Cirebon memastikan ketersediaan dan kepastian penerima sehingga akan mempermudah proses penyelenggaraan. Maka datang dengan tepat waktu asalkan sudah mendaftar akan dapat vaksin, namun apabila belum mendaftar setelah ditutup maka ketersediaannya vaksin tidak dapat dipastikan.

AKBP Imron, Kapolres Cirebon Kota & H. Ahmad Yani, Ketua Harian Attaqwa Centre Cirebon

Teknis penyelenggaraan vaksinasi di Islamic Centre nanti sebagai berikut:
a. Datang ke Islamic Centre
b. Melakukan registrasi ulang (Di samping Waqaf Corner) menggunakan KTP atau NIK pada KK
c. Setelah melakukan registrasi ulang, masuk ke Gedung Islamic Centre untuk menunggu giliran vaksinasi oleh tenaga kesehatan yang ada
d. Vaksin diberikan
e. Mendapatkan pelayanan observasi setelah vaksin, yakni 10-15 menit menunggu untuk melihat dampat pasca-vaksinasi
f. Alhamdulillah, anda telah selesei vaksinasi dosis pertama di Islamic Centre, Masjid Raya Attaqsa Cirebon

Kegiatan vaksinasi massal ini diharapkan berkontibusi untuk Indonesia Sehat dan setelah vaksinasi ini selesei, insyaallah akan ada kelanjutan dosis pertama lagi tahap dua dan dosis kedua. (Akil)