Attaqwacirebon.com, Cirebon – Tidak sia-sia, itulah ungkapan yang cocok dilontarkan kepada segenap guru Raudhatul Athfal (RA) Attaqwa Kota Cirebon yang selalu sukses memborong juara satu dalam berbagai lomba siswa RA di setiap kompetisi. Baru-baru ini yaitu hari Rabu (12/12/19), RA At-Taqwa berhasil meraih jura satu dari 29 RA yang mengikuti lomba senam tingkat Kota Cirebon. Lomba tersebut dilaksanakan di lingkungan Kementerian Agama Kota Cirebon.

Lomba senam diikuti oleh delapan orang siswa dari kelas B RA Attaqwa. Kedelapan siswa tersebut dilatih senam oleh Ibu Rubiah atau akrab dipanggil Bu Biah. Selain aktif dilatih senam, guru RA Attaqwa memiliki tips khusus agar anak termotivasi menjadi juara dalam kompetisi.

Kepala RA At-Taqwa , Sri Rahayu Sulastri menjelaskan bahwa untuk menjadi juara diperlukan guru yang semangat dalam melatih siswa. Dalam latihan, anak dirangsang untuk giat berlatih setiap hari. Ketika anak sudah merasa lelah, maka guru harus menghentikan aktivitas latihan beberapa saat untuk beristirahat. Barulah ketika anak terlihat mulai fresh, guru dapat mengajak anak berlatih kembali. Intinya, guru harus bisa mensiasati waktu. Untuk menambah semangat siswa, setiap meraih juara orang tua siswa boleh menduplikasi piala perlombaan yang sudah diraih siswa untuk kenang-kenangan di rumah. Guru RA Attaqwa juga memberikan tanda terima kasih berupa bingkisan hadiah bagi siswa yang meraih juara dalam lomba. (PR)