AMC – Kamis (25/7/19), Wakil Ketua I At-Taqwa Centre Kota Cirebon, KH. Jaelani Said, M. Ag membimbing muallaf di ruang pengurus. Muallaf tersebut bernama Christy, wanita  kelahiran Ujung Pandang. Proses bimbingan muallaf ini sudah dilakukan At-Taqwa Centre sejak lama. Hal ini dilakukan setelah muallaf mengikrarkan dua kalimat syahadat di Masjid Raya At-Taqwa. Pengurus At-Taqwa Centre memberikan kesempatan sepuluh kali bimbingan bagi muallaf untuk memperdalam ajaran agama Islam.

Christy yang datang bersama rekan kerjanya dibimbing untuk membaca surat Al-Fatihah dan bacaan-bacaan shalat. Dalam sesi bimbingan, KH. Jaelani mempraktikkan gerakan shalat di hadapan muallaf. Setelah mempraktekkan gerakan shalat, KH. Jaelani memberikan kesempatan kepada Christy untuk membaca surat-surat pendek yang terdapat dalam Al-Qur’an. Chisty membaca surat Al-Ikhlas dan An-Nas. Christy juga secara spontan mengikuti gerakan shalat yang diajarkan.

Di tengah sesi bimbingan, KH. Jaelani memberikan nama panggilan Aisyah Christy kepada Christy. Alasan diberikannya nama tersebut adalah supaya namanya menjadi lebih Islami. Secara tidak disangka nama Aisyah Christy sama dengan penulis buku yang berjudul “Ya Allah Bimbing Aku Menjadi Wanita Salehah”. Dengan diberikannya nama tersebut, KH. Jaelani berharap nantinya Christy istiqomah belajar agama Islam dan sesegera mugkin menjadi wanita salehah. Sesi bimbingan ditutup dengan pemberian surat keterangan masuk agama Islam sebagai bukti untuk merubah identitas agama di kolom kartu tanda penduduk.  (Rosie)