attaqwacirebon.com-CIREBON.

Wisata Cirebon semakin menggeliat di masa pandemi. Pada hari Kamis, 3 Desember 2020 Layanan Wisata Religi At-taqwa menyambut wisatawan dari Bandung. Organda Jawa Barat dan PHRI Kota Cirebon mengunjungi masjid-masjid kuno yang ada di Kota Cirebon . Ini adalah bukti bahwa daya tarik wisata Cirebon masih sangat memukau dan membuat banyak orang penasaran. Masjid kuno dan keraton menjadi salah satu destinasi wisata yang paling banyak diminati. Banyak nilai sejarah dan cerita yang tersimpan di dalamnya.

“Kota Cirebon adalah Kota Kuno, Kota Lama, dan Kota Kolonial”. Ujar H. Mudhofar, M.T., yang merupakan Wakil Ketua Bidang Pembangunan At-taqwa. Mudhofar menyampaikan pada wisatawan bahwa banyak nilai seni dan tata arsitek di Kota Cirebon yang menyimpan makna serta nilai sejarah. Inilah yang menjadi daya tarik wisata Cirebon. At-taqwa menjadi pionir wisata religi masjid kuno di Wilayah III. Melalui masjid kuno yang ada, masyarakat akan memahami sejarah dan nilai-nilai dakwah para wali di masa lampau.

H. Syafei Muchsin sebagai ketua Organda Cirebon, mendukung program wisata religi ini dengan memfasilitasi mobil citros untuk transportasi wisata. Sebanyak dua unit mobil citros dikerahkan untuk mengantar wisatawan menuju destinasi masjid-masjid kuno di Cirebon. Citros adalah kendaraan unik dengan desain khas, menambah daya tarik wisatawan dari dalam dan luar kota.

Ketua Organda Jawa Barat H. Dida menyatakan bahwa akan mendukung program wisata religi ini dengan mempublikasikannya ke seluruh daerah di Jawa Barat. “Cirebon akan menjadi contoh kota wisata religi untuk daerah-daerah di Jawa Barat” Ujar Dida.

Sepanjang perjalanan, wisatawan dimanjakan dengan cerita tentang nama jalan, bangunan bersejarah yang dilewati, serta apa pun yang ditemui. Pesona Cirebon di mata wisatawan menjadi lebih terasa. Terlebih saat berada di dalam masjid kuno yang ditemui. Banyak hal unik yang baru diketahui seperti sumur yang airnya, bersumber langsung dari Gunung Ciremai. Nilai-nilai edukasi pun didapatkan dalam wisata ini. (ibn)