Attaqwacirebon.com – Menulis menjadi sebuah kegiatan yang menyenangkan dan menghasilkan apabila ditekuni secara konsisten. Tetapi kekonsistenan dalam hal apa saja menjadi kendala bagi sebagian orang. Apalagi bila konsisten tidak dibarengi dengan alasan yang kuat mengapa seseorang perlu bertindak. Setiap hendak melakukan sesuatu, seseorang harus memiliki alasan yang kuat mengapa dirinya harus melakukan hal tersebut. Dengan alasan yang kuat, kegiatan apa saja dapat dijalani dengan senang, nyaman dan menghasilkan pundi-pundi rupiah. Itulah kalimat pembuka yang disampaikan Tendi Murti dalam workshop kepenulisan di ruang madya At-Taqwa Centre Kota Cirebon, Sabtu (22/2/2020).

Tendi dengan gamblang membuka paradigma baru tentang bagaimana seharusnya seseorang menekuni sebuah bidang, misalnya menulis. Jika ingin menjadi orang yang expert dalam bidang apapun, manusia harus menentukan arah bertindak. Arah bertindak ini akan menuntun sesorang mencapai harapan dan tujuan dengan waktu yang lebih singkat. Dalam proses mencapai tujuan, kepribadian seseorang akan di uji dengan berbagai macam hambatan dan tantangan yang pada akhirnya akan membentuk jati diri yang lebih kokoh, lincah dan cerdas dari sebelumnya.

Peserta workshop kepenulisan yang dilaksanakan oleh Pesantren At-Taqwa Digitalpreneurhip (PAD) tampak terpana dengan pemaparan-pemaparan yang disampaikan oleh Tendi. Gaya pemaparan materi yang disampaikan Tendi lebih terdengar seperti stand up comedy daripada workshop biasa yang terpaku pada teks. Tendi mengajak audiens berinteraksi dan praktik bagaimana cara menemukan alasan dan jati diri untuk mencapai tujuan hidup. Oleh karena Tendi bergelut di bidang tulis-menulis dan percetakan, maka praktik dilakukan dengan fokus pada bahasan cara menjadi expert di bidang kepenulisan. (PR)