attaqwacirebon.com, Cirebon – Tempat wudhu menjadi lokasi yang paling dicari ketika jamaah memasuki kawasan masjid. Tempat wudhu yang ideal adalah tempat wudhu yang dibangun secara terpisah yakni tempat wudhu khusus pria dan wanita diletakkan secara terpisah. Pemisahan ini dimaksudkan untuk memberi rasa aman dan nyaman kepada jamaah yang hendak mengambil air wudhu. Selain itu, pemisahan lokasi tempat wudhu ini memiliki tujuan untuk menghindari terjadinya crowded antara jamaah pria dengan jamaah wanita.

Pembangunan tempat wudhu yang ideal sudah digagas oleh jajaran Pengurus At-Taqwa Centre sejak lama dan baru terealisasi di awal tahun 2018. Tempat wudhu wanita yang semula dibangun bersebelahan dengan tempat wudhu pria kemudian dibangun kembali di tempat yang lain yaitu di sebelah selatan masjid. Dengan dibangunnya tempat wudhu wanita ini menjadi titik tolak kemajuan perwudhuan di Masjid Raya At-Taqwa yang selalu berusaha melayani jamaah dengan baik dari waktu ke waktu.

Tepat wudhu wanita memiliki fasilitas 23 buah keran wudhu dan 5 kamar mandi. Lima kamar mandi ini memiliki WC dengan dua jenis yaitu WC duduk dan WC jongkok. WC duduk berjumlah 2, sedangkan WC jongkoh berjumlah 3. Fasilitas lain yang disediakan tempat wudhu wanita antara lain sabun cuci tangan dan westafel yang dilengkapi dengan kaca besar dan sisir untuk memperbaiki penampilan jamaah wanita pasca mengambil air wudhu. Tempat wudhu wanita juga dilengkapi dengan pewangi semprot otomatis yang memberikan sensasi wangi sepanjang hari.

Tempat wudhu wanita dibersihkan dua kali dalam satu shift kerja. Shift pertama dimulai pukul 08.00 s/d 16.00 WIB, sedangkan shift dua dimulai pukul 13.00 s/d pukul 21.00 WIB. Satu shift diisi oleh satu petugas wanita. Jumlah petugas yang bertugas di tempat wudhu wanita berjumlah dua orang yakni Yanti dan Sa’diyah. Selain bertugas membersihkan kamar mandi dan tempat wudhu wanita, kedua petugas ini juga bertugas membersihkan dan merapikan ruang rias wanita yang berada di sebelah kanan tempat wudhu. Ruang rias ini berfungsi untuk berhias pasca shalat. Ruang rias dilengkapi dengan 7 sekat kaca besar, sisir dan kipas angin. (Rosie)