Tangani Sampai 6 Jenazah Perhari, Attaqwa Sempat Kekurangan Ambulan

oleh | Des 4, 2021 | Artikel, Artikel Islam, Berita Seputar Masjid

attaqwacirebon.com. CIREBON, 4 Desember 2021. Pandemi covid 19 masih terus dirasakan oleh semua orang di seluruh dunia. Berbagai dampak telah terjadi. Sosial, ekonomi, dan kemanusiaan telah terdampak oleh situasi pandemi ini. Banyak pengalaman yang dialami oleh kita semua, salah satunya penanganan jenazah yang meninggal dunia di rumah.

Ketika terjadi lonjakan warga terjangkit covid 19, banyak pasien tidak tertangani di rumah sakit. Dikarenakan habisnya ruang isolasi dan obat-obatan. Sehingga banyak pasien yang dirawat dan isolasi mandiri di rumah. Ada yang sembuh dan ada juga yang meninggal dunia.

Bagi pasien yang menjnggal dunia saat isolasi mandiri di rumah, tentu perlu penanganan khusus karena bukan jenazah biasa. Jenazan harus ditangani dengan protokol kesehatan. Juga perlu ditangani dengan kontrol dari pemerintah dan dinas kesehatan.

Masjid Raya Attaqwa Kota Cirebon mengambil peran ini. Attaqwa melatih dan membentuk tim pemulasara jenazah khusus bagi yang terpapar covid 19. Sebanyak 10 orang terbentuk dalam tim jenazah covid 19. Terbentuk dari berbagai utusan setiap kelurahan di Kota Cirebon. Tim ini terbagi menjadi 2 bagian yaitu tim A dan Tim B.

H. Syaeful Badar, M.A., ketua satgas Covid 19 Attaqwa menjelaskan pengalamannya dalam penanganan jenazah yang terpapar covid 19. Pada bulan puncak pandemi di Tahun 2021 antara Bulan Juni-Juli, bisa masuk laporan 3 sampai 6 orang meninggal dunia setiap harinya. “Karena banyaknya korban meninggal di setiap harinya, sampai kekurangan ambulan” tutur Badar.

Beruntung, Attaqwa akhirnya mendapatkan bantuan dari Pemkot Cirebon melalui KORPRI. Satu unit ambulan diberikan kepada Attaqwa untuk membantu penanganan jenazah terpapar covid 19 di Wilayah Kota Cirebon. Dengan ini, penanggulangan dampak pandemi dapat kita lalui bersama dengan kebersamaan. Seluruh pihak sudah seharusnya saling mendukung demi kemanusiaan. Nu.

Berita Terkait

At-Taqwa Gemakan Maulid Dengan Hadirkan Ulama Brunei Darussalaam

At-Taqwa Gemakan Maulid Dengan Hadirkan Ulama Brunei Darussalaam

attaqwacirebon.com. CIREBON – 14 Oktober 2022. Gema Maulid Nabi Muhammad Tahun 1444 H dirayakan setiap muslim dan muslimah diseluruh penjuru dunia baik dengan pembacaan maulid Al-Barzanji atau lainnya. Begitupula Masjid Raya At-Taqwa, turut memperingati Maulid Nabi...

Khutbah Jum’at: CARA MENSYUKURI KEMERDEKAAN Oleh, Dr. H.Farihin Nur, M.Pd (Wakil Rektor IAIN Cirebon)

Khutbah Jum’at: CARA MENSYUKURI KEMERDEKAAN Oleh, Dr. H.Farihin Nur, M.Pd (Wakil Rektor IAIN Cirebon)

الحَمْدُ للهِ الّذِي لَهُ مَا فِي السمَاوَاتِ وَمَا فِي اْلأَرْضِ وَلَهُ الحَمْدُ فِي الآخرَة الْحَكِيمُ الْخَبِيرُ يَعْلَمُ مَا يَلِجُ فِي الْأَرْضِ وَمَا يَخْرُجُ مِنْهَا وَمَا يَنزِلُ مِنَ السَّمَاءِ وَمَا يَعْرُجُ فِيهَا وهو الرّحِيم الغَفُوْر. أَشْهَدُ أَنْ لاَ...

Lomba Tumpeng, Meriahkan HUT Kemerdekaan di Masjid At-taqwa

Lomba Tumpeng, Meriahkan HUT Kemerdekaan di Masjid At-taqwa

attaqwacirebon.com-CIREBON, Dalam rangka memperingati HUT RI ke 77 Tahun 2022, Majlis Talim Kuliah Subuh Masjid At-taqwa Kota Cirebon menggelar lomba tumpeng. Masakan khas Indonesia yang sangat akrab dengan kita. Nasi kuning dengan dampingan banyak lauk tradisional....

Pin It on Pinterest

Share This