Siap Gelar Sholat Idul Fitri 1 Syawal 1443 H., At-taqwa Rapat Koordinasi Bersama PHBI Kota Cirebon

oleh | Apr 20, 2022 | Artikel, Artikel Islam

attaqwacirebon.com- CIREBON, 20 April 2022. Rapat Koordinasi persiapan pelaksanaan Idul Fitri 1443 H., digelar di Aula Kementrian Agama Kota Cirebon. Berlangsung pada Hari Rabu, 20 April 2022 pukul 10.00 WIB. Dilaksanakan oleh Panitia Hari Besar Islam (PHBI) yang dibentuk oleh Pemerintah Kota Cirebon.

Rapat dihadiri oleh Pemerintah, Kementrian Agama, Polres, Pol PP, DKP, Dinas Kesehatan, Pengurus At-taqwa, dan seluruh pihak yang terkait dalam agenda PHBI Idul Fitri 1443 H. Dalam rapat, K.H. Muslim Mukhlas, M.Ag., selaku Ketua Pelaksana menyampaikan bahwa Sholat Idul Fitri akan dilaksanakan di Area Komplek Masjid Raya At-taqwa Kota Cirebon. “Segala persiapan yang ada di lokasi, kami serahkan kepada At-taqwa” tutur Muslim. Jamaah sholat dapat menempati area barisan sholat mulai dari area parkir At-taqwa, Alun-alun Kejaksan, Jalan R.A. Kartini, dan Jalan Siliwangi. Prokotol kesehatan akan disediakan untuk jamaah antara lain masker dan hand sanitizer. Jamaah juga dihimbau untuk mematuhi protokol kesehatan demi keselamatan bersama.

Adapun waktu pelaksanaan, akan dimulai pada Pukul 5.30 WIB., sampai dengan selesai. Bertempat di halaman depan Masjid Raya At-taqwa Kota Cirebon sampai Jalan siliwangi dan kartini. Pengeras suara khusus didatangkan dari Radio Republik Indonesia Cirebon. Antisipasi kesehatan akan diatasi oleh Dinas Kesehatan yang menyediakan pos kesehatan di depan RS Sumber Kasih Cirebon. Polres dan Pol PP juga akan menjada stabilitas keamanan pada kegiatan ini. Dinas Kebersihan dan Pertamanan akan menertibkan dan mengusahakan kebersihan sebelum dan sesudah acara. Begitu juga pihak lainnya yang berperan langsung ataupun tidak langsung.

Wali Kota Cirebon dijadwalkan hadir pada Sholat Idul Fitri kali ini. Sebagaimana biasanya, Wali Kota Cirebon akan menyampaikan sambutannya sebelum pelaksanaan Sholat dimulai. Waktu tersebut adalah kesempatan bagi pimpinan daerah untuk menyapa warganya, terlebih di momen Idul Fitri yang penuh berkah dan suasana saling memaafkan.

Petugas Sholat Idul Fitri kali ini akan menghadirkan Khotib Dr. K.H. Mustofa Rasjid (Ketua PC NU Kota Cirebon) dan Imam K.H. Idham Kholid, S.Ag. (Kemenag Kota Cirebon). Karena acara seperti ini hanya dilaksanakan satu tahun satu kali, maka harus dilaksanakan dengan persiapan yang maksimal.

Ketua At-taqwa Centre Kota Cirebon Dr. H. Ahmad Yani, M.Ag., menjelaskan bahwa persiapan di At-taqwa akan dilaksanakan secara maksimal. Mulai dari penyediaan tempat, serta sarana lain yang mendukung terlaksananya Sholat Idul Fitri yang nyaman dan khidmat untuk jamaah. Garus sholat akan dibuat di Alun-alun Kejaksan menggunakan tali agar tidak merusak material. Garus yang ada di jalan raya, juga akan dibuatenggunakan cat putih yang mudah dihapus agar setalah sholat selesai, bisa dihapus kembali. “At-taqwa siap menjadi tuan rumah untuk Sholat Idul Fitri 1443 H. Dengan persiapan yang matang, Insya Allah akan lancar” kata Yani.

 

Berita Terkait

Lomba Tumpeng, Meriahkan HUT Kemerdekaan di Masjid At-taqwa

Lomba Tumpeng, Meriahkan HUT Kemerdekaan di Masjid At-taqwa

attaqwacirebon.com-CIREBON, Dalam rangka memperingati HUT RI ke 77 Tahun 2022, Majlis Talim Kuliah Subuh Masjid At-taqwa Kota Cirebon menggelar lomba tumpeng. Masakan khas Indonesia yang sangat akrab dengan kita. Nasi kuning dengan dampingan banyak lauk tradisional....

Ribuan Jamaah Padati Attaqwa, Jamaah Tabligh Gelar Kajian Islam

Ribuan Jamaah Padati Attaqwa, Jamaah Tabligh Gelar Kajian Islam

attaqwacirebon.com-CIREBON, 18 Juni 2022. Kerinduan umat pecah sudah. Setelah pandemi, Kajian Islam mulai bergema. Salah satu komunitas dakwa yang dikenal dengan Jamaah Tabligh, menggelar tabligh akbar di Masjid Raya Attaqwa Kota Cirebon. Acara berlangsung pada Hari...

Pin It on Pinterest

Share This