Siap Berdayakan UMKM, Koperasi Attaqwa Tetapkan Program 2022 di RAT Tahun Buku 2021

oleh | Jan 8, 2022 | Artikel, Artikel Islam, Berita Seputar Masjid

attaqwacirebon.com-CIREBON, 8 Januari 2022. Pemberdayaan ekonomi di lingkungan masjid telah lama dilakukan di masjid-masjid yang ada di Kota Cirebon. Banyak masjid yang melakukan berbagai kegiatan ekonomi, seperti dari umkm dan koperasi. Semuanya bertujuan untuk memajukan dan memakmurkan masjid itu sendiri. Masjid agar melaksanakan sesuai fungsinya yang luas. Tidak hanya sebagai tempat ibadah. Tetapi juga dapat memberikan makna lebih luas kepada masyarakat dalam aspek ekonomi, sosial, dan pendidikan.

Masjid Raya Attaqwa Kota Cirebon telah memulai kegiatan pemberdayaan ekonomi melalui koperasi. Sejak Tahun 1997 lalu, koperasi Masjid Raya Attaqwa berdiri. Mengalami beberapa kali perubahan nama. Saat ini Koperasi Koprimjamas Attaqwa Kota Cirebon telah menjadi koperasi yang beranggotakan 142 orang. Melalukan berbagai jenis usaha seperti retail, penginapan, sembako, simpan pinjam, dan toko online.

Pada Hari Sabtu, 8 Januari 2022, Koperasi Koprimjamas Attaqwa melakukan Rapat Anggota Tahunan Buku 2021. RAT dihadiri oleh pengurus, anggota, pengawas, pengurus Attaqwa, dan DKUKMPP Kota Cirebon. RAT dibuka oleh kepala DKUKMPP Kota Cirebon dengan diwakili oleh Umi Hanadayani, S.Ap., Kasi Pemberdayaan dan Pengembangan Koperasi.

Ketua Koperasi Koprimjamas Attaqwa, Ir. H. Odi Suryadi, M.Si., menyampaikan sambutan pembuka pada RAT. “Meskipun terkena dampak covid 19, Koperasi Koprimjamas Attaqwa masih dapat membagikan SHU. Alhamdulillah”. Tutur Odi. Memang diakui bahwa covid telah banyak memberikan dampak terhadap berbagai bidang kehidupan. Termasuk koperasi, yang terganggu kondisi keuangan dan usahanya. Tapi Koperasi Koprimjamas Attaqwa terus berusaha dengan kesungguhan dan berbagai inovasi.

Koperasi Attaqwa selama Tahun 2021 juga banyak berpartisipasi dalam kegiatan yang dilaksanakan oleh pemerintah. Seperti pelatihan, diklat, pameran, dan berbagai acara lainnya. Selain itu juga, telah banyak menerima PPL Siswa Sekolah dan mahasiswa, penelitian, dan kegiatan lainnya dari berbagai sekolah dan Universitas.

Pada RAT tahun ini, Koperasi Koprimjamas Attaqwa melakukan kesepakatan untuk meningkatkan SHU. Beberapa inovasi seperti toko online, digitalisasi sistem keuangan, dan melakukan kerja sama dengan berbagai instansi. Harapannya agar Koperasi Berdaulat, Tangguh, Maju, dan Berkelanjutan sesuai tema RAT tahun ini.

Ketua Attaqwa Centrea Kota Cirebon, Dr. H. Ahmad Yani, M.Ag., mengapresiasi RAT koperasi yang diselenggarakan. “Jika koperasi bisa RAT, berarti koperasi itu hidup. Kita dukung koperasi Koprimjamas Attaqwa ” kata Yani. Ketua Attaqwa merupakan pembina Unit Kegiatan Masjid (UKM) yang ada di lingkungan Attaqwa. Selalu mendukung setiap kegiatan yang ada di UKM, termasuk koperasi. Selain Koperasi, UKM Attaqwa antara lain seperti RA Attaqwa, TPQ, RTQ, Radio, Majlis Talim, LAZISWA, dan Remaja Masjid. Koperasi menjadi salah satu penggrak program pemberdayaan ekonomi umat di lingkungan Attaqwa.

Yani juga memberikan dukungan kepada Koperasi Attaqwa berupa program dukung UMKM yang terdampak covid 19. Koperasi bisa menjadi agen penyedia barang dan jasa. Para UMKM yang ada di Kota Cirebon bisa menjadi mitra koperasi dengan diberikan modal pinjaman. Juga menjadi pelanggan bahan baku dari koperasi. Nu.

Berita Terkait

Pin It on Pinterest

Share This