AMC – Kamis (21/2/19) pukul 08.00 WIB Gedung Islamic Centre Kota Cirebon sudah terlihat ramai. Ratusan guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam se-Kota Cirebon sudah memenuhi ruangan untuk menyaksikan dan berpartisipasi dalam pembukaan Pekan Kreativitas dan Seni Pendidikan Agama Islama (PENTAS PAI). Acara dipandu oleh dua orang master of ceremony (MC), salah satu MC-nya bernama Hj. Ayi Nining, M. Ag yang merupakan guru PAI di SMA Negeri 2 Kota Cirebon yang juga tergabung dalam Asosiasi Guru Pendidikan Agama Islam (AGPAI) Kota Cirebon. Hj. Ayi Nining, M. Ag juga berperan aktif sebagai pengurus At-Taqwa Centre bidang kemuslimahan dan remaja masjid. Panitia acara menyebarkan undangan sekitar 1000 lembar demi semarak acara pembukaan acara PENTAS PAI. Acara dihadiri oleh Walikota Cirebon, Pejabat Kota Cirebon, MUI Kota Cirebon, dan seluruh anggota AGPAI, Kasi PAI se-wilayah III, Kabid PAI Propinsi Jawa Barat, serta pejabat penting lainnya.

“Pemerintah Kota Cirebon sangat mengapresiasi acara ini. Pemkot berharap memiliki partner yang kuat dalam mewujudkan visi dan misi religius. Kedepannya pemerintah Kota Cirebon akan memfasilitasi kegiatan keagamaan terkait dengan syiar Islam. Kegiatan keagamaan tidak boleh kalah gaung dari kegiatan lain. Kegiatan keagamaan harus dibuat besar dan meriah sehingga terlihat semarak. Kepada penggiat kegiatan keagamaan mohon merencanakan konsep kegiatan untuk tahun depan supaya pemerintah Kota Cirebon bisa menyiapkan dana untuk mensupport kegiatan. Saya ucapkan terimakasih dan mohon maaf atas segala kekhilafan. Marilah kita buka acara PENTAS PAI dengan membaca basmalah, bismillahirrahmanirrahiim”, papar Nasrudin Azis dalam sambutannya.

Ketua panitia PENTAS PAI 2019, Edi Suwanto, M. Pd. I, secara terpisah menyatakan bahwa tujuan acara pada pagi hari ini adalah untuk membentuk kebersamaan GPAI. Biasanya pembukaan dilaksanakan ditempat masing-masing. Tahun ini merupakan tahun kedua dilaksanakannya pembukaan PENTAS PAI secara serentak di Gedung Islamic Centre Kota Cirebon dilingkungan At-Taqwa Centre. Lingkup kegiataan dimeriahkan dari mulai tingkat PAUD, TK, SD, SMP, SMA, dan SMK. Untuk pelaksanaannya diserahkan pada jenjang pendidikan masing-masing karena pelaksanaaan tidak bisa dilakukan bersamaan mengingat perbedaan kalender pendidikan. Dengan segala keterbatasan, GPAI yang tergabung dalam AGPAI bertekad untuk bisa menggemakan acara PENTAS PAI. Edi juga mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kota Cirebon yang telah mendukung acara dan mengaku senang dengan apresiasi Pemkot Cirebon yang kedepannya akan memberikan fasilitas untuk kegiataan keagamaan. (Rosie)