AMC – Rumah Tahfidz Qur’an Attaqwa peringati momentum kemerdekaan Republik Indonesia ke 74 melalui proses pembelajaran. Pengajar materi muhaddasah bernama Ustadz Ilham memberikan penjelasan materi dengan menyelipkan semangat kemerdekaan. Semangat kemerdekaan itu dipaparkan melalui penjelasan sejarah proses kemerdekaan Indonesia dan proses masuknya Islam ke Indonesia. Pembelajaran yang berlangsung di halaman depan gedung RTQ menjadi semarak karena santri terlihat bergairah mendengarkan penjelasan Ustadz Islam.

Ustadz Ilham memancing para santrinya dengan dua kata yaitu “yaumul istiqlal”. Ustadz Ilham ingin mengaitkan pembelajaran dengan simbol kemerdekaan Indonesia. Ustadz Ilham menjelaskan tentang Masjid Istiqlal merupakan bagian dari simbol kemerdekaan Indonesia. Para ulama ketika itu berkumpul untuk mendiskusikan tentang apa yang harus menjadi simbol kemerdekaan dari Indonesia yang berasal dari umat Islam. Sejarah masuknya Islam ke Indonesia juga menjadi selingan materi di momen kemerdekaan hari ini. Ustadz Ilham memberikan referensi buku berjudul Api Sejarah karya Ahmad Suryanegara kepada santri RTQ. Pembelajaran kemudian diakhiri dengan tanya jawab seputar muhaddasah, kemerdekaan RI dan sejarah masuknya Islam ke Indonesia.

At-Taqwa Centre yang diketuai Kang Yani sangat memperhatikan hari-hari besar Islam dan hari-hari besar kenegaraan seperti hari kemerdekaan Republik Indonesia. Setiap ada perayaan hari-hari tersebut, At-Taqwa Centre selalu memasang spanduk berisi ucapan dan doa.  At-Taqwa Centre turut memeriahkan Hari Kemerdekaan Indonesia dengan memasang spanduk di depan pagar paling depan. Hal ini dilakukan sebagai bentuk kepedulian At-Taqwa Centre terhadap hari besar Islam dan hari besar kenegaraan. (Rosie)