attaqwacirebon.com, Cirebon — Jumat (28/10/19) pagi petugas At-Taqwa Centre Kota Cirebon melaksanakan apel rutin. Apel dikomandani oleh Suhartono yang merupakan security At-Taqwa Centre. Apel diawali dengan pembacaan ayat suci Al-Quran oleh salah seorang divisi taman dan kebun At-Taqwa Centre bernama Basirun. Tausiyah dalam apel pagi diisi oleh Drs. H. Muchlish, M. Pd. I dengan tema pesan hijrah dalam hijrah rasulullah.

Muchlish menyampaikan bahwa ketika hijrah dari Mekkah ke Madinah, Rasulullah Saw memberikan empat pesan kepada umatnya yaitu sampaikan salam, memberi makan kepada orang yang membutuhkan, hubungkan silaturahmi, dan bangun shalat malam. Menyampaikan salam kepada sesama muslim dapat merekatkan ukhuwah islamiyah. Ukhuwah islamiyah yang rekat dapat memperkuat silaturahmi diantara umat Islam dimana pun berada.

Tausiyah dilanjutkan dengan bercerita pengalaman pribadi  H. Muchlis yang memaparkan bahwa akhir-akhir ini semakin sering muncul fenomena umat Islam bagi-bagi makanan gratis baik di pinggir jalan maupun car free day. Hal ini merupakan sebuah kemajuan umat Islam yang patut di apresiasi. Berbagi makanan bukan hanya bagi orang yang tidak mampu saja tetapi makanan juga boleh diberikan kepada orang yang membutuhkan. Selain itu, H. Muchlis juga menyarankan kepada petugas At-Taqwa Centre untuk rajin bangun di malam hari untuk melaksanakan qiyamul lail supaya mendapatkan manfaat seperti dapat menghirup udara segar, lebih sehat dan giat bekerja. (Rosie)