"Hakikat Nuzulul Qur'an" Habib Syeh Muhammad al-Kaf www.attaqwacirebon.com- CIREBON, 28 April 2021. Peringatan Nuzulul di Masjid Raya at-Taqwa Kota Cirebon diisi ceramah yang disampaikan oleh Dr. Habib Syeh Muhammad al-Kaf, MA., Lc. menjelang sholat sunnah tarawih berjamaah. Pada ceramahnya, Habib Muhammad mengingatkan pada jamaah baik yang onsite dalam Masjid Raya at-Taqwa atau online melalui streaming bahwa hal mendasar tentang Nuzulul Qur’an yang mesti diketahui oleh jamaah, yaitu: makna, mekanisme dan juga hikmahnya.

Seterusnya, Habib Syeh Muhammad menjelaskan bahwa makna nuzul adalah turunnya sesuatu dari tinggi ke lebih pendek. dan secara hakikat nuzulul qur’an berarti turunnya al-Qur’an dari Allah SWT itu tak berbahasa, tak berbentuk dan tidak berupa lafadz. Namun agar mudah dipahami al-Qur’an dijadikan berbahasa Arab yang jelas untuk menjadi petunjuk dan pedoman manusia.

Mekanisme turunnya al-Qur’an tidak ada seorangpun yang dapat menjelaskan secara pasti, karena “turunnya al-Quran ini adalah hubungan antara Pencipta dan yang dicintai, dan selain pencipta tidak ada seorang pun yang memiki akses untuk memahaminya” ujar Syeh Muhammad mengutip ayat suci al-Qur’an.

Setelah ceramah yang disampaikan Habib Syeh Muhammad, peringatan Nuzulul Qur’an dilanjutkan dengan tarawih berjamaah dan tadarus al-Qur’an. Peringatan Nuzulul Qur’an ini dijadikan kesempatan untuk menjadikan kita lebih memperdalam kecintaan kita kepada al-Qur’an, sebagaimana ucap Dr. H. Ahmad Yani, M.Ag “Nuzulul Qur’an adalah kado dari Allah SWT untuk umat nabi Muhammad SAW sebagai al-Huda; petunjuk, furqon; pembeda antara yang haq dan yang batik dan sebagai bayyinah; penjelasan dari hukum-hukumnya.” (Akil)