attaqwacirebon.com-CIREBON. Penyambutan Syaikh Ma’mun Abu Samra, Ketua Dewan Masjid (DKM) Gaza Palestina di Masjid Raya At-Taqwa, Kota Cirebon oleh jama’ah Masjid, Jajaran Pengurus Attaqwa Centre, FKPPI, ACT dan Macan Ali. Seusai menunaikan kewajiban shalat Ashar yang di imami langsung oleh Syaikh Ma’mun, kemudian dimulainya agenda Satu Hati Untuk Al-Aqsha, Rabu (26-5-2021).

Penegasan ikatan persaudaraan antara masyarakat Indonesia dan Palestina ditekankan oleh Ketua Harian At-Taqwa Centre Kota Cirebon, Dr. H. Ahmad Yani, M.Ag. beliau menyampaikan kutipan dari Presiden Turki, Tayyip Erdogan bahwasanya untuk membela Palestina tidaklah perlu menjadi seorang muslim, cukup meyakini dalam hati bahwa seorang tersebut adalah manusia, maka wajiblah dia membela Palestina.

Prabu Diaz selaku perwakilan Macan Ali dalam sambutannya menjelaskan kontribusi Macan Ali secara khusus yang mengawal keamanan dan ketentraman perjalanan Syaikh Ma’mun adalah bentuk pengabdian dan rasa simpati untuk setidaknya berkontribusi membantu perjuangan Palestina.

Syaikh Ma’mun Abu Samra mengingatkan kepada kita semua atas keuatamaan Masjid Al-Aqsha tentang peristiwa bersejarah dalam aqidah Islam yakni peristiwa Isra’ Mi’raj dengan mengutip Q.S. Al-Israa ayat 1, maupun Hadits Nabi Muhammad SAW yang diriwayatkan oleh Maemunah, ketika beliau bertanya kepada Rasulallah,”Yaa Rasulallah berikanlah kami sebuah harapan bagaimana harus bertindak dengan baitul maqdis? Rasulallah menjawab “Palestina/Baitul Maqdis adalah tempat terpancarnya manusia sebelum alam dan tempat berkumpulnya manusia sebelum kiamat, maka datangilah Masjid al-Aqsha dan shalatlah didalamnnya karena barang siapa yang sholat didalamnnya akan mendapatkan 1000 kali lipat ganjaran dibandingkan masjid biasa, kemudian Maemuah bertanya lagi “Bagaimana bagi orang yang tidak mampu kesana?” Rasulallah menjawab “Wahai Maemunah, kalo begitu berikanlah liter minyak untuk menerangi Masjid al-Aqsha, karena barang siapa yang memberikan minyak pada al-Aqsha maka dia sudah dianggap sholat didalamnya.”

Agenda Satu Hati Untuk Al-Aqsha adalah suatu bentuk kegiatan untuk membantu meringankan beban saudara-saudara kita di Palestina, dengan pelbagai cara, yang telah dilakukan oleh organisasi ACT selama kurun waktu sebelas tahun lebih. Masjid Attaqwa sebagai ikon keislaman juga pusat kajian islam di Kota Cirebon membantu saudara-saudara Palestina dengan sumbangan yang telah dikumpulkan dalam waktu satu minggu sebesar Rp. 25.000.000,00 melalui lembaga zakat Laziswa At-Taqwa Kota Cirebon. (Akil)