At-Taqwa Media Centre – Di bulan ramadhan,  At-Taqwa Centre selalu menggelar acara kajian dan pemberian tajil gratis untuk berbuka puasa. Dua acara tersebut akan berlangsung sampai akhir bulan ramadhan. Acara kajian dilaksanakan di area dalam masjid bagian utara. Kajian diikuti oleh jamaah laki-laki dan perempuan. Sedangkan pembagian ratusan paket nasi takjil gratis dilaksanakan menjelang kajian selesai.

Apabila kita perhatikan dua acara tersebut, maka kita akan melihat ratusan remaja menggunakan kalung kepanitiaan bertuliskan “PANITIA SRPH”. SRPH adalah singkatan dari Semarak Ramadhan Penuh Hikmah. Panitia SRPH terdiri atas remaja masjid dari Masjid Raya At-Taqwa dan pelajar dari berbagai sekolah menengah atas yang ada di Kota Cirebon.  Ratusan remaja ini bertugas setiap sore hari menjelang berbuka puasa tanpa di gaji.

Mereka datang ke Masjid Raya At-Taqwa dengan niat tulus ikhlas karena Allah SWT.

Tugas dari panitia SRPH ada beberapa macam yakni:

  • menerima sumbangan takjil,
  • membagikan takjil kepada jamaah, dan
  • membersihkan sisa makanan setelah jamaah makan dan minum di dalam masjid bagian utara.

Salah satu panitia SRPH yang bertugas sekaligus berinisiatif membersihkan masjid adalah Widia Oktaviana. Dara berusia 16 tahun ini duduk di bangku kelas XI di SMA Negeri 7 Kota Cirebon. Tujuan Widia memungut sisa makanan yang jatuh ke lanai masjid adalah untuk mejada kesucian dan kebersihan masjid agar jamaah nyaman dan khusyu’ ketika beribadah.

“Saya aktif disini sekitar bulan Maret 2018. Rumah saya di daerah Sitopeng. Saya kesini untuk mengabdi di Masjid Raya At-Taqwa sebagai panitia SRPH. Kebetulan saya betugas membersihkan sisa makanan yang jatuh ke lantai. Kami Panitia SRPH selalu menjaga kebersihan masjid demi kenyamanan jamaah dalam beribadah.” kata Widia.

(Rosie)