Attaqwacirebon.com – Di tengah isu corona yang menyebar semakin luas, Masjid Raya At-Taqwa Kota Cirebon tetap melaksanakan ibadah shalat Jumat. Pelaksanaan shalat Jumat ini mengacu pada maklumat yang dibuat oleh Pengurus At-Taqwa Centre dengan mempertimbangkan berbagai hal dari mulai fatwa MUI, konsultasi dengan stakeholder di Pemkot Cirebon, dan surat edaran dari instansi berwenang. Protokoler untuk menjaga kebersihan dari petugas At-Taqwa Centre tetap dilakukan diantaranya dengan menyemprotkan cairan disinfektan di seluruh ruangan dalam masjid pada pukul 07.00 WIB, menyiapkan hand wash di depan gate masuk masjid, memberikan hand sanitizer dan mengecek suhu kepada setiap jamaah.

Selain beberapa hal antisipatif diatas, Masjid Raya At-Taqwa juga mendapat kunjungan bakti sosial dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) yang dinamakan “Jumat Berkah”. Kegiatan Jumat Berkah dipimpin langsung oleh Ketua DPC PDI-P sekaligus Wakil Ketua DPRD Kota Cirebon, Fitria Pamungkaswati. Fitri hadir ditemani Benny Sujarwo (Bendahara DPC PDI-P) dan Imam Yahya (Sekretaris DPC PDI-P) serta anggota lain sejumlah 20 orang. Tim Jumat Berkah membawa 500 lembar masker kain, 250 lembar masker standar kesehatan, 500 botol hand sanitizer, 1000 pamflet edukasi pencegahan virus corona dan 500 botol minuman herbal. Barang-barang tersebut diberikan kepada jamaah Shalat Jumat Masjid Raya At-Taqwa. Kedatangan Tim Jumat Berkah disambut hangat oleh segenap Pengurus At-Taqwa Centre. Sebelum dibagikan, semua barang tersebut diberikan secara simbolis kepada Ketua At-Taqwa Centre, Dr. H. Ahmad Yani, M.Ag.

Dalam wawancara khusus Fitri dengan wartawan AMC, Fitri menyatakan keprihatinannya terhadap wabah corona yang sedang melanda Indonesia. Masyarakat cukup kesulitan mendapatkan alat perlindungan diri (ADP) seperti masker dan hand sanitizer. Fitri berharap dengan adanya pembagian ADP  dapat membantu masyarakat, khususnya jamaah shalat Jumat Masjid Raya At-Taqwa Kota Cirebon. Fitri juga menjelaskan bahwa kegiatan Jumat Berkah ini sudah rutin dilakukan di berbagai tempat, khususnya masjid. Tempat yang dikunjungi berbeda setiap minggunya.  (PR)