attaqwacirebon.com, Cirebon — Ekonomi global sudah terdengar santer 10 tahun terakhir. Era ini di lingkup Asia sering disebut dengan Masyarakat Ekonomi Asia (MEA) dan di lingkup dunia disebut dengan ekonomi global. Di era MEA atau ekonomi global, akan terjadi perubahan sistem perekonomian yang sangat drastis dimana masyarakat yang berada pada kawasan Asia atau lingkup dunia bisa bekerja di negara manapun dan kapanpun tanpa harus mengurus perizinan yang rumit. Tentu saja hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi setiap bangsa untuk mempersiapkan warga negaranya menjadi manusia yang produktif menuju persaingan yang sangat ketat.

Isu ekonomi global ini perlu disikapi dan dipersiapkan sedini mungkin. Oleh karena itu pada apel Jumat (4/10/19), Syaeful Badar selaku pembina apel mengingatkan kepada para petugas untuk siap siaga menghadapi perubahan zaman yang dapat terjadi secara cepat dan dinamis. Keterampilan diri atau soft skill perlu dilatih sekarang juga, sebab di era MEA akan banyak lapangan pekerjaan yang dikerjakan oleh robot sehingga mengakibatkan gelombang pengangguran yang cukup signifikan.

Syaeful Badar menyarankan kepada setiap petugas untuk memiliki lebih dari satu skill. Sesama petugas harus saling belajar keterampilan diri satu sama lain sehingga menghasilkan sumber daya manusia yang mumpuni dan mampu bersaing dalam sistem ekonomi global. Hal ini dilatarbelakangi oleh tingginya tuntutan skill yang akan dihadapi petugas di era ekonomi global. Ekonomi global condong kepada prinsip berubah atau punah. Kedepannya, Syaeful Badar ingin Pengurus At-Taqwa Centre memfasilitasi pelatihan skill bagi petugas. (Rosie)