attaqwacirebon.com, Cirebon — Jumat (27/9/19), ada yang berbeda dari pelaksanaan apel Jumat Petugas At-Taqwa Centre hari ini. Semua petugas menggunakan seragam baru berwarna putih yang dikombinasikan dengan warna hijau tua khas At-Taqwa Centre Kota Cirebon. Apel juga tidak dilaksanakan di area plaza masjid seperti biasa, melainkan dilaksanakan di ruang madya dan diselenggarakan dengan cara lesehan. Apel pagi ini diisi tausiyah oleh sekretaris At-Taqwa Centre K. H. M. Utsmani, Hs, M.H.I atau yang akrab disapa Abi Utsman.

Abi Ustman dalam tausiyah singkatnya menyampaikan bahwa manusia akan dimintai empat pertanggungjawaban di hadapan Allah Swt. Empat hal tersebut antara lain umur, fisik, ilmu dan harta. Umur yang diberikan oleh Allah kepada manusia akan dimintai pertanggungjawaban terkait perbuatan yang dilakukan selama manusia masih hidup di dunia. Fisik juga akan dimintai pertanggungjawaban, seluruh anggota badan akan melaporkan apa yang dilakukan kepada Allah Swt. Ilmu yang dimiliki manusia juga akan dimintai pertanggungjawaban berupa perbuatan yang dilakukan apakah sudah sesuai dengan ilmu yang seseorang ketahui. Harta yang didapatkan manusia juga akan ditanyai mengenai darimana asalnya dan digunakan untuk apa.

Selain itu, Abi Ustman juga menasehatkan kepada Petugas At-Taqwa Centre untuk senantiasa berzikir kepada Allah dan menjaga tingkah laku karena ada empat hal yang harus dipertanggungjawabkan di akhirat kelak. Abi Ustman mengajak seluruh Petugas At-Taqwa Centre untuk bekerja atas niat ibadah bukan hanya berorientasi kepada keuntungan. Sesungguhnya rezeki manusia itu sudah diatur oleh Allah Swt, manusia hanya perlu menjemput rezeki tersebut. Apel pagi yang diisi dengan tausiyah singkat diakhiri dengan shalawat dan bersalaman antar Petugas At-Taqwa Centre. (Rosie)