Attaqwacirebon.com, Cirebon – Selain menghibur, ternyata dongeng dapat dijadikan sebagai media untuk menggugah jiwa sosial pada anak. Pola pikir anak usia dini yang masih sederhana mudah menangkap pesan sosial jika disampaikan lewat kegiatan mendongeng.

Raudhatul Afthal (RA) At-Taqwa bekerja sama dengan Komite Nasional untuk Rakyat Palestina (KNRP) menyelenggarakan kegiatan mendongeng di depan 94 orang siswa di kelas B2 dan B3 pada Selasa (3/12/19) pukul 07.30 s/d 09.00 WIB. Kegiatan ini mendatangkan pendongeng bernama Kak Danang. Bukan sekedar mendongeng, Kak Danang mempunyai misi menanamkan rasa cinta kepada Palestina kepada audiens yakni siswa RA At-Taqwa sejak dini. Cerita yang disampaikan Kak Danang berupa cerita fabel yang dikombinasikan dengan kondisi Palestina saat ini.

“Viralnya kondisi Palestina di facebook cukup memprihatinkan. Dari situlah kami tergerak untuk melaksanakan kegiatan mendongeng ini. Sesi mendongeng tidak full tentang kondisi Palestina saat ini, melainkan diselingi dengan cerita fabel yang menghibur. Anak-anak juga terlihat sangat senang dan menikmati pemaparan dongeng yang dibawakan Kak Danang. Lewat dongeng, kami berharap pesan kepedulian sosial dapat tersampaikan pada anak sejak dini. Kami berharap hati anak tergugah untuk peduli dengan keadaan Palestina sedini mungkin. Alhamdulillah mamah-mamah merespon baik kegiatan mendongeng ini. Di akhir kegiatan, ada penggalangan dana untuk membantu Palestina. Anak-anak secara langsung memberikan donasi kepada KNRP” papar Sri Rahayu Sulastri, Kepala RA At-Taqwa. (PR)