Kebutuhan Dai dan Khotib Meningkat, At-taqwa Gelar Diklat Dai dan Khotib Se-Wilayah III Cirebon

Des 10, 2021 | Artikel, Artikel Islam, Berita Seputar Masjid

attaqwacirebon.com. CIREBON, 10 Desember 2021. Kembali digelar, diklat dai dan khotib untuk generasi milenial banjir peserta. Acara berlangsung di Gedung Islamic Centre Kota Cirebon. Dihadiri oleh 150 peserta dari berbagai daerah di Wilayah III Cirebon. Seluruh peserta adalah calon dai dan khotib di daerahnya yang merupakan rekomendasi dari DKM Masjid setempat.

Para calon dai dan khotib diberikan pembekalan materi tentang tata cara khutbah dan dakwah di era milenial. Berbagai teknik dan media diperkenalkan. Mulai dari media sosial, tata cara menulis, dan teknik-teknik baru yang sedang popoler.

Kegiatan ini dilaksanakan, mengingat kebutuhan dai dan khotib yang meningkat di Wilayah III Cirebon. Banyak masjid-masjid baru yang menyelenggarakan sholat jumat. Ini menyebabkan bertambahnya jumlah kebutuhan khotib. Dengan ini diharapkan dapat memenuhi kebutuhan tersebut dan mencetak dai dan khotib baru yang sesuai dengan kondisi zaman.

Acara dihadiri oleh Wali Kota Cirebon, Kakanwil Kemenag Jawa Barat, Ketua Baznas Kota Cirebon, Ketua DMI Kota Cirebon, dan Kapolres Kota Cirebon. Pada sambutannya, Wali Kota Cirebon melalui Sekda Drs. H. Agus Mulyadi, M.Si., membuka acara. Walikota Cirebon melalui Sekda menyampaikan dukungannya pada kegiatan ini.

Dr. H. Ahmad Yani, M.Ag., ketua Attaqwa Centre Kota Cirebon menjelaskan pada sambutannya. “Kegiatan ini dilaksanakan untuk meningkatkan kialitas dai dan khotib. Juga untuk memenuhi kebutuhan khotib jumat di masjid-masjid”. Tutur Yani.

Yang spesial pada diklat tahun ini adalah ditandatanganinya kesepakan kerja sama antara Attaqwa dengan PT. SPS mitra BSI. Menyepakati kerja sama dalam aplikasi informasi masjid dan keuangan. Juga pengelolaan komunitas jamaah masjid secara digital. Ini menjadi sisi penting karena digitalisasi masjid adalah kebutuhan di masa kini. Diharapkan peserta dapat mempraktikkannya di masjid masing-masing. Sehingga dapat terjaring komunikasi dan layanan antara jamaah dengan masjidnya. Nu.

 

Berita Terkait

PENGERTIAN DZIKIR PAGI DAN PETANG

PENGERTIAN DZIKIR PAGI DAN PETANG

Dzikir pagi dan petang adalah amalan yang memiliki keutamaan besar jika dilakukan secara istiqomah. Keutamaannya antara lain kita akan semakin dekat dengan Allah SWT, hingga menjadi orang yang beruntung di dunia dan akhirat. Pengertian Dzikir dalam konteks agama islam...

Pengertian Fastabiqul Khairat dan Contohnya Dalam Kehidupan Sehari-hari

Pengertian Fastabiqul Khairat dan Contohnya Dalam Kehidupan Sehari-hari

Fastabiqul khairat artinya berlomba-lomba dalam kebaikan dimanapun berada karena semua perbuatan di dunia akan dipertanggungjawabkan dihadapan Allah yang Maha Kuasa atas segala sesuatu. Dijelaskan dalam Al-Qur’an surat al-Baqarah ayat 148: Yang artinya: “Dan setiap...

Adab Dulu ataukah Ilmu Dulu?

Adab Dulu ataukah Ilmu Dulu?

Prinsip bahwa sebelum seseorang memperoleh pengetahuan atau keilmuan yang dalam, penting bagi mereka untuk mengembangkan karakter dan etika yang baik. Di sini kami akan membahas pertanyaan klasik seputar "Adab dulu atau ilmu? Secara tradisional, dalam banyak budaya...

Pin It on Pinterest

Share This