Hadits ke-3 Arba’in Nawawi: Rukun Islam; Syahadat, Shalat, Zakat, Puasa, Haji.

oleh | Feb 25, 2022 | Artikel Islam, Hadits Nabi Muhammad SAW

RUKUN ISLAM

عن أبي عـبد الرحمن عبد الله بن عـمر بـن الخطاب رضي الله عـنهما ، قـال سمعت رسول الله صلى الله عليه وسـلم يقـول : بـني الإسـلام على خـمـس : شـهـادة أن لا إلـه إلا الله وأن محمد رسول الله ، وإقام الصلاة ، وإيـتـاء الـزكـاة ، وحـج البيت ، وصـوم رمضان

Dari Abu Abdirrahman, Abdullah bin Umar bin Al-Khathab radhiyallahu ‘anhuma, berkata: saya mendengar Rasulullah bersabda: “Islam didirikan di atas lima perkara, yaitu bersaksi bahwa tiada Tuhan yang berhak disembah selain Allah dan Muhammad adalah utusan Allah, mendirikan shalat, mengeluarkan zakat, mengerjakan haji ke baitullah, dan berpuasa pada bulan Ramadhan”. (HR Bukhari dan Muslim).

Hadits ‘Arba’in Nawawiyah yang ketiga ini menjelaskan tentang Rukun Islam atau lima kewajiban pokok umat Islam.

Abul ‘Abbas Al-Qurtubi berkata : “Lima hal tersebut menjadi asas agama Islam dan landasan tegaknya Islam.

Pada salah satu riwayat Ibnu ‘Umar disebutkan, “Islam didirikan atas pengakuan bahwa engkau menyembah Allah dan mengingkari sesembahan selain-Nya dan melaksanakan Sholat….”

Pada riwayat lain disebutkan : seorang laki-laki berkata kepada Ibnu ‘Umar, “Bolehkah kami berperang ?” Ia menjawab : “Aku mendengar Rosululloh bersabda, “Islam didirikan atas lima hal ….” Hadits ini merupakan dasar yang sangat utama guna mengetahui agama dan apa yang menjadi landasannya.

Hadits ini telah mencakup rukun agama Islam yaitu:

  1. Syahadat — pengakuan Allah sebagai Tuhan dan Muhammad sebagai rasul-Nya
  2. Shalat — kewajiban pokok setiap Muslim, pembeda Muslim dengan non-Muslim
  3. Zakat — harta yang wajib dikeluarkan jika sudah mencapai syarat tertentu  dan diberikan kepada golongan yang berhak menerimanya (fakir miskin dan sebagainya).
  4. Puasa — puasa bulan Ramdhan sebalam sebulan.
  5. Haji — ziarah ke Mekkah yang wajib bagi umat Islam yang sekali seumur hidup bagi yang mampu secara fisik dan finansial.
Syahadat atau syahadatain adalah kesaksian dengan pernyataan secara lisan (mengucapkan) kalimat
أشهد أن لا اله الا الله وأشهد ان محمد رسول الله
‘Asyhadu an laa ilaaha illallāh wa asyhadu anna Muhammad Rasuulullāh.’
yang artinya “aku bersaksi bahwa tidak ada yang berhak disembah melainkan Allah dan bersaksi bahwa Muhammad adalah hamba dan utusan Allah”.
Syahadat adalah pintu gerbang Islam. Pengakuan Allah sebagai Tuhan dan Muhammad sebagai utusan-Nya harus dibuktikan dengan melakukan perintah Allah dan menjauhi larangannya, dengan mencontoh Nabi Muhammad Saw, yang terangkum dalam Al-Quran dan Al-Hadits plus Ijma’ Ulama sebagai sumber ajaran islam. Wallahu a’lam bish-shawab.

Berita Terkait

Lomba Tumpeng, Meriahkan HUT Kemerdekaan di Masjid At-taqwa

Lomba Tumpeng, Meriahkan HUT Kemerdekaan di Masjid At-taqwa

attaqwacirebon.com-CIREBON, Dalam rangka memperingati HUT RI ke 77 Tahun 2022, Majlis Talim Kuliah Subuh Masjid At-taqwa Kota Cirebon menggelar lomba tumpeng. Masakan khas Indonesia yang sangat akrab dengan kita. Nasi kuning dengan dampingan banyak lauk tradisional....

Ribuan Jamaah Padati Attaqwa, Jamaah Tabligh Gelar Kajian Islam

Ribuan Jamaah Padati Attaqwa, Jamaah Tabligh Gelar Kajian Islam

attaqwacirebon.com-CIREBON, 18 Juni 2022. Kerinduan umat pecah sudah. Setelah pandemi, Kajian Islam mulai bergema. Salah satu komunitas dakwa yang dikenal dengan Jamaah Tabligh, menggelar tabligh akbar di Masjid Raya Attaqwa Kota Cirebon. Acara berlangsung pada Hari...

Pin It on Pinterest

Share This