attaqwacirebon.com —- Keindahan taman menjadi daya tarik tersendiri bagi orang yang mengunjungi sebuah tempat. Taman yang rapi, rumput yang hijau dan bunga yang berwarna-warni menjadi penyejuk mata. Apalagi jika sebuah taman berada di lingkungan sebuah masjid, tentu hal ini menjadi sorotan tersendiri bagi jamaah yang berkunjung. Taman Masjid Raya At-Taqwa yang terletak tepat di sayap selatan dan depan serambi masjid sering menjadi pemandangan utama yang dilihat oleh jamaah.

Di taman Masjid Raya At-Taqwa Kota Cirebon ditanami dengan tanaman hias, tanaman obat keluarga dan kurma. Tanaman hias yang terdapat di tanam antara lain bugenvil, soka jepang, dan pucuk merah. Sedangkan tanaman obat keluarga yang ditanam di lingkungan taman adalah jahe merah. Untuk kurma sendiri masih berukuran setinggi 1 meteran karena baru ditanam ulang beberapa bulan yang lalu.

Divisi pertamanan At-Taqwa Centre dikerjakan oleh dua orang yang bernama Aris dan Basirun. Keduanya bekerja dari pukul 08.00 —16.00 WIB. Pekerjaan divisi pertamanan adalah membersihkan taman dari sampah, memotong rumput yang tinggi, membonsai tanaman, menyiram dan memberikan pupuk secara teratur. Yang khas dari divisi pertamanan ini adalah selalu dapat menjaga kehijauan rumput taman Masjid Raya At-Taqwa walaupun kawasan sekitar jalan RA. Kartini Kota Cirebon setiap hari diguyur dengan suhu udara yang cukup panas. Divisi pertamanan menggunakan keran putar setiaap pagi dan sore untuk menjaga kehijauan dan kesegaran tanaman. Keran putar ini diletakan bergiri di semak pohon hias di tengah taman dan akan berputar dengan sendirinya. Keran putar ini cukup meringankan pekerjaan divisi pertamanan dalam hal penyiraman. (Rosie)