Cara Menjadi Penerjemah Tersumpah dan Keuntungannya

Des 30, 2023 | Edukasi Umum

Perbedaan paling kentara antara penerjemah biasa dan penerjemah tersumpah ada pada luas atau tidaknya peluang kerja. Hal utama yang jadi perbedaan adalah keberadaan sertifikasi: Interpreter, translator, dan lain sebagainya. Kalau Anda seorang penerjemah, maka mesi tau cepat-cepat cara menjadi penerjemah tersumpah.

Dewasa ini, komunikasi dan kerjasama entah itu di ranah bisnis ataupun politik makin umum. Jadinya kebutuhan akan penerjemah ini makin lumrah adanya. Buat beberapa kerjaan yang butuh keahlian alihbahasa yang tidak ecek-ecek, kebanyakan penerjemah tersumpah yang memenuhinya. Lalu, bagaimana cara menjadi salah satunya? Dan apa manfaat yang akan Anda dapatkan? Simak ulasan artikel ini hingga selesai.

Cara Menjadi Penerjemah Tersumpah

Menangani pengalih bahasaan bagi banyak event internasional. Atau translasi berbagai dokumen penting. Semua itu, butuh sentuhan tangan penerjemah profesional yang berkeahlian mumpuni. Yakni penerjemah tersumpahjadi profesi yang bagus bagi Anda yang ingin berkarir sebagai penerjemah. Begini cara jadi salah satu ahli tersebut:

1. Mengikuti Ujian

Ujian ini bukan sembarang ujian. Ini adalah ujian kualifikasi penerjemah. Siapa nih penyelenggaranya? Adalah Himpunan Penerjemah Indonesia atau HPI. HPI ini organisasi profesi khusus untuk ahli alih bahasa. Organisasi ini telah mengantongi pengakuan dari Federasi Penerjemah Internasional. Karenanya jadi punya hak mengadakan ujian kualifikasi ini.

Biar lulus ujian ini, skor 80 atau grade A, harus Anda dapatkan. Habis itu, Anda nantinya mendapat sertifikat Tes Sertifikasi Nasional atau TSN. Tes kualifikasi ini berbayar. Dilansir dari hpi.or.id, biaya TSN di  tahun ini, 2023, untuk ujian penerjemahan satu arah sebesar Rp 2 juta. Pengalih bahasaan dua arah harga tesnya Rp 3,5 juta. Dan untuk editor penerjemah sebasar Rp 2 juta.

2. Mengajukan Surat Permohonan

Habis lulus ujian TSN, pastinya Anda sudah dapat sertifikat. Sertifikat ini jadi tanda kalau HPI sudah mengakui kalau Anda cocok jadi seorang penerjemah Grade A. Selain itu, sertifikat ini juga buat surat permohonan pengangkatan yang mesti Anda ajukan ke Menkumham.

Di surat permohonan ini mesti ada informasi tentang data diri serta bahasa yang dapat diterjemahkan . Berikut lampiran fotocopy KTP, sertifikat TSN, surat keterangan sehat, surat tidak berstatus PNS, surat tidak berstatus terdakwa/terpidana, bukti setoran biaya pengangkatan, surat kuasa dan terakhir pas foto terbaru ukuran 4×6 2 lembar.

3. Pengambilan Sumpah

Setalah surat permohonan disetujui, maka saatnya pengambilan sumpah. Pengambilan sumpah dilakukan di kantor kementrian hukum dan ham dalam periode 60 hari sejak Surat Pengangkatan Penerjemah Tersumpah terbit. Lewat dari waktu itu, maka Kemenkumham akan membatalkan surat pengangkatan tersebut.

4. Penerbitan SK

Pemohon juga mesti menuangkan sumpah tersebut kedalam berita acara. Berita acara ini diajukan pada Menkumham dalam jangka waktu 30 hari dari pengambilan sumpah. Dalam pengajuan melampirkan juga dokumen Surat Pernyataan telah melaksanakan profesi, tertanda-tangan di atas materai. Juga berikut keterangan mengenai alamat kantor, contoh tandatangan dan stempel.

Keuntungan Menjadi Salah Satunya

apa keuntungan menjadi penerjemah

Jika kini Anda bekerja jadi penerjemah, dengan punya pegangan sertifikat penerjemah tersumpah banyak keuntungan yang bisa didapat. Di bawah ini beberapa di antaranya:

1. Penghasilan Secara Online Lebih Besar

Kerja seorang penerjemah tersumpah di era sekarang tidak hanya dengan offline, melainkan juga online. Interpreter zoominar atau konferensi online, virtual exhibition hingga alih bahasa dokumen. Jauh beda dibandingkan penerjemah yang tak tersumpah.

Cara menjadi penerjemah tersumpah jadi hal yang krusial untuk semua penerjemah agar dapat pendapatan yang berlebih-lebih besarnya ketimbang sebelumnya. Sebab sertifikat yang jadi hasil dari proses kualifikasi itulah yang mengundang kepercayaan banyak calon klien.

Dengan begitu, banyak opsi yang dapat diambil. Entah jadi penerjemah lepas. Ataupun buka jasa pengalihbahasaan sendiri.Opsi-opsi ini dapat menjadi pipa mengalirkan pendapatan berlebih ke kantong Anda sebagai penerjemah tersumpah.

2. Kedatangan Klien dari Luar Negeri

Bukan cuma klien dari dalam negeri saja yang makin banyak. Bahkan klien dari luar negeri makin bertambah-tambah. Karena sertifikasi ini penerbitnya adalah organisasi profesi yang memang telah mendapat pengakuan Federasi Penerjemah Internasional.

Hanya menampilkan sertifikat dalam iklan, Anda bisa mendapat kepercayaan dari pebisnis, akademisi, ilmuwan, bahkan tim dari pemerintahan asing. Hal ini bisa memperluas koneksi dan jasa penerjemah profesional terpercaya Anda berpotensi terekspos pada target market yang lebih luas.

3. Mengetahui Beragam Budaya dari Tulisan

Bahasa tidak bisa terlepas dari peradaban. Dan peradaban selalu terkait dengan budaya. Makin sering Anda mengalih bahasakan sebuah bahasa, maka akan makin paham Anda pada budaya yang beredar di dalam masyarakat pengguna bahasa tersebut.

Cara menjadi penerjemah tersumpah dapat kasih Anda jalan untuk jadi ahli pengalihbahasa dan bikin Anda makin paham banyak budaya di seluruh dunia. Uniknya bahasa menggambarkan keunikan budaya yang ia jelaskan. Dengan begitu terjemahan Anda akan semakin kaya, berwarna dan tidak membosankan.

4. Dipercaya untuk Promosi Pariwisata

Menjadi penerjemah tidak selalu mengalih bahasakan satu bahasa ke bentuk lainnya. Biasanya departemen kepariwisataan suatu Negara atau pengusaha wisata akan memesan jasa Anda untuk membuat iklan promosi wisata. Tujuannya sesuai dengan Negara yang tentu Anda kuasai bahasanya.

Semakin banyak terpapar iklan ini tentu reputasi Anda akan semakin diketahui lebih banyak audiens. Bukan tidak mungkin akan lebih yang datang memesan jasa Anda untuk jenis pekerjaan yang sama.

Atau, bisa juga ketika kota Cirebon menjadi kota wisata halal yang banyak dikunjungi turis dari Timur Tengah, dan Eropa serta Jepang, peluang jasa penterjemah semakin terbuka luas.

5. Makin Paham Teknik Penerjemahan

Dengan menjalankan cara menjadi penerjemah tersumpah, Anda bisa membuka potensi penguasaan teknik penerjemahan lebih mendalam. Caranya tentu dengan banyak-banyak menerima job penerjemahan. Apapun bentuknya.

Beragamnya teknik penerjemahan akan membuat Anda semakin lihai dalam menerjemahkan. Efeknya waktu penerjemahan akan lebih ceat tanpa mengorbankan akurasi.

6. Dipercaya Banyak Klien

Sertifikat sebagai penerjemah tersumpah membuat banyak calon klien lebih mudah mempercayakan Anda memenuhi kebutuhan. Bukan hanya klien lama saja yang bertahan. Melainkan klien-klien baru sejak Anda telah mendapat pengesahan dari Kemenkumham dan HPI.

7. Peluang Karir yang Luas

Berbeda dengan translator atau penerjemah reguler, penerjemah tersumpah menawarkan kesempatan karir yang lebih luas. Menjadi interpreter, penerjemah film, translator dokumen penting, interpreter konser, Taour guide dan lain sebagainya.

Selain itu masih banyak lagi pekerjaan yang tersedia bagi penerjemah tersumpah. Karena skill mereka telah diakui melalui sertifikat.

8. Menambah Pengalaman dan Portofolio

Hal ini terkait dengan banyaknya pesanan dari banyak klien baru. Dalam dan luar negeri. Makin banyak yang memesan jasa Anda, maka akan makin berpengalaman jasa penerjemah Anda.

Hal ini juga bisa menjadi portofolio jasa Anda. Terlebih jika bertaburan review positif atas kinerja Anda. Rate tinggi beserta portofolio dapat mmbuat lebih banyak calon klien mempercayai dan mengakui keahlian Anda dan tim.

Kesimpulan

Mengikuti perkembangan jaman, makin banyak yang butuh jasa penerjemah. Kerjasama bisnis, pendidikan, gerakan sosial, politik dan lainnya juga bikin penerjemah makin lumrah dibutuhkan. Makin banyak demand  maka penyedia jasa penerjemah juga semakin banyak menjamur di berbagai kota besar.

Demi memenangkan persaingan, maka perlu untuk dengan cepat menarik kepercayaan calon cutomer. Cara paling efektif adalah dengan memiliki sertifikat. Dan bukan sekadar sertifikat. Namun satu yang diterbitkan lembaga profesi penerjemah. Tentunya lembaga ini mesti mendapat pengakuan dunia internasional. Jadi standar pengujian untuk sertifikatnya mengikuti standar kualitas penerjemahan taraf internasional.

Agar bisa memenangkan persaingan, Anda perlu sertifikat penerjemah tersumpah. Di Indonesia, sertifikasi ini menjadi penanda bahwa skill Anda sudah memenuhi standar Federasi Penerjemah Internasional. Untuk itu Anda mesti tau gimana cara menjadi penerjemah tersumpah bareng sama semua prosesnya. Begitu tahu, Anda dapat siap-siap dan mulai daftar untuk ikut proses sertifikasi ini..

Berita Terkait

Pin It on Pinterest

Share This