Cirebon-Tema yang diusung bulan ini dalam kajian tematik Attaqwa adalah tetang jalan dan cara hidup Umat Islam yang membawa kebahagiaan. Jalan yang sesungguhnya menuju Tuhan. Kajian yang bertema Tasawuf di Era Milenial untuk membentuk Karakter Bangsa digelar oleh Attaqwa Centre Kota Cirebon bekerja sama dengan Jatman dan Matan Kota Cirebon.

Sekitar 300 peserta yang didominasi kaum muda Cirebon hadir dalam acara ini. Mayoritas peserta adalah dari kalangan mahasiswa dan komunitas anak muda Cirebon yang konsen pada kajian-kajian Islam. Sebagian dari mereka juga adalah mahasiswa dari beberapa perguruan tinggi di Cirebon seperti IAIN SNJ, UNSWAGATI, dan lain sebagainya.

Yang spesial dalan kajian tematik kali ini 18/4/2019 adalah dengan menghadirkan pemateri bersekala Internasional. Syekh Muhammad Abdurrohim al Musoby adalah pemateri utama yang didatangkan langsung dari Yaman. Ia adalah Guru Besar Universitas Darul Ulum as Syariyah, Yaman.

Selain itu, hadir juga pemateri berikutnya adalah drh. R.H. Bambang Irianto, B.A., mursyid thoriqoh Syathoriyah Kota Cirebon. “Tasawuf adalah sarana untuk kebahagiaan dan keselamatan bangsa” tuturnya. Seperti keumuman tasawuf yang kita kenal, bahwa tasawuf adalah media kita untuk berkomunikasi dengan Allah secara maksimal.

Beberapa tokoh dan ulama yang hadir antara lain adalah Dosen IAIN SNJ K.H, Saidi, pengasuh ponpes Kepuh Kab Cirebon, Rois Jatman Kota Cirebon K.H. Abdul mujieb, Jamiyah As Syahadatain K.H. Amir, dan banyak tokoh lain yang aktif dalam kejian tasawuf. (Ibnu)