AMC – Pagi pukul 09.00 WIB hari Jumat (22/2/19) bus berwarna putih dengan kombinasi warna merah pada tulisan yang melekat pada badan mobil parkir di depan Gedung Islamic Center di lingkungan At-Taqwa Centre. warna merah menyala bertuliskan “Donor Darah” tampak tegas menghiasi badan mobil. Ada sekitar enam orang dari PMI sigap menyiapkan peralatan donor darah seperti alat tensi, timbangan dan beberapa kardus makanan ringan dan minuman isotonik. Sejak tahun 2012 PMI bekerja sama dengan At-Taqwa Centre. Dalam sebulan, PMI mengadakan acara donor darah di lingkungan At-Taqwa Centre sebanyak dua kali. Biasanya tim PMI mendapatkan minimal 30 kantong darah. PMI memberikan apresiasi kepada para pendonor darah dengan memberikan makanan ringan dan cairan isotonik untuk mengembalikan kondisi tubuh.

Runaedi selaku Seksi Logistik PMI menjelaskan bahwa setiap pendonor akan masuk di dalam bus untuk melakukan donor. Hal ini dilakukan supaya pendonor merasa nyaman sebab di dalam bus tersedia AC yang berguna untuk menyejukkan suhu. Sudah diketahui bahwa suhu Kota Cirebon yang cukup panas membuat gerah setiap orang. Demi kenyamanan pendonor darah maka kru menyiapkan ruangan di dalam bus sebagai tempat pengambilan darah.

Lebih lanjut, Runaedi juga mengucapkan terima kasih kepada segenap pengurus At-Taqwa Centre yang telah memberikan kesempatan kepada PMI untuk melaksanakan kegiatan donor darah. Donor darah merupakan kegiatan yang semoga bernilai amal.  Runaedi berharap kerja sama ini bisa terus berlanjut mengingat kebutuhan darah di wilayah III Cirebon cukup banyak. Darah yang berhasil dikumpulkan nantinya akan disalurkan ke Kuningan, Majalengka dan Indramayu. (Rosie)