AMC – Rumah Tahfidz Qur’an (RTQ) At-Taqwa memiliki cara unik untuk mengembalikan mood belajar santri. Cara tersebut ditempuh dengan bernyanyi, bertepuk tangan dan bermain sejenak sebelum memulai pembelajaran. Team teacher yang terdiri atas dua orang guru mengemas permulaan pembelajaran dengan mengajak siswa bernyanyi sembari menyelipkan muraja’ah surat-surat pendek dalam juz’amma. Muraja’ah dilakukan dengan mengulang hafalan surat yang telah diajarkan sehari yang lalu.  Setelah muraja’ah yang dikemas dalam bentuk tepuk tangan dan bernyanyi, dua orang team teacher kemudian mengajak siswa berbaris untuk masuk ke ruang belajar secara tertib. Saat berjalan menuju ruang kelas, team teacher mengajak siswa menyanyikan lagu naik kereta api. Secara spontan siswa berbaris rapi dan berjingrak riang menyayi dengan suara nyaring.

Untuk memaksimalkan proses pembelajaran, RTQ At-Taqwa membatasi jumlah santri dalam satu rombongan belajar (rombel). Satu rombel hanya diisi oleh dua belas santri. Dua belas santri ini akan diasuh oleh dua orang guru dari team teacher. Pembelajaran dimulai dari pukul 09.00 WIB sampai dengan pukul 10.30 WIB. Materi yang diajarkan dalam kelas seputar mengaji dan menghafal Al-Quran. Namun, dalam satu minggu sekali team teacher akan menambahkan materi pembelajaran berupa kisah-kisah nabi dan fikih shalat yang dikemas dalam dunia anak-anak.

Nurul Jannah selaku staff administrasi RTQ At-taqwa menjelaskan bahwa RTQ selalu berusaha membuat inovasi pembelajaran yang menyenangkan untuk para santri. Hal ini bertujuan untuk mengembalikan mood belajar siswa supaya dapat menyerap setiap materi dengan baik. Kegiatan seperti bernyanyi, tepuk tangan dan bermain sebelum belajar diterapkan untuk memberi efek senang kepada santri sehingga para santri bersemangat datang ke RTQ untuk belajar mengaji. Usia santri kelas pagi dimulai dari 2-5 tahun. Lebih lanjut lagi, Nurul memaparkan bahwa selain membuat kondisi belajar yang menyenangkan, RTQ juga termasuk lembaga pendidikan Al-Quran yang menetapkan jumlah infak yang sangat terjangkau yaitu sekitar 100 ribu per bulan untuk satu santri. Adapun biaya pendaftaran masuk RTQ hanya dipatok tarif sebesar 600 ribu. Dari uang 600 ribu tersebut santri akan mendapatkan seragam, modul dan biaya satu bulan pertama belajar di RTQ. (Rosie)