Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Oleh : Ust. H. Ahmad Yani el-Muchtary

Ketua At-Taqwa Centre Kota Cirebon)

Masjid merupakan tempat suci bagi ummat Islam untuk melakukan ibadah; disamping sebagai sentral aktifitas pembinaan ummat Islam. Dengan kata lain, masjid tidak semata-mata berfungsi sebagai tempat ibadah mahdhah (ritual) seperti shalat, melainkan berfungsi sebagai sarana pengembangan dakwah dan peradaban Islam dalam arti luas. Disnilah siapapun yang mendapat amanah pengelola masjid (Pengurus/petugas DKM, Takmir) apapun namanya, harus selalu kreatif merumuskan program-progam kemasjidan yang mampu menyahuti kebutuhan jama’ah/ummat Islam. Sehingga tidak ada lagi paradoks, masjid seperti kuburan, sepi dari jama’ah, kalaupun ada jama’ahnya, jumlahnya dapat dihitung jari dan hadir pada saat ibadah shalat tertentu saja. Untuk itu, seyogyanya masjid harus menjadi magnet dan inspirasi bagi ummat Islam agar hadir, berkunjung dan memakmurkannya sesuai dengan fungsinya dalam arti luas. Terlebih ketika bulan Suci Ramadhan tiba, keberadaan masjid benar-benar harus seksi, menjadi daya tarik setiap muslim untuk beribadah dan memuliakan bulan Ramadhan dengan berbagai aktifitas keIslaman yang multi maslahah.

Ketika Ramadhan itu telah tiba, datang menyapa, pasti selalu membawa berkah yang luar biasa, bukan saja bagi ummat Islam yang melaksanakan ibadah puasa, melainkan bagi segenap ummat manusia secara keseluruhan. Masjid Raya At-Taqwa (MRA) sebagai masjid kebanggaan masyarakat Kota Cirebon, selalu berusaha untuk menjadi inspirasi bagi masjid-masjid lain dalam menyambut, mengisi, mengaggungkan, dan meraih keberkahan Ramadhan tersebut. Berbagai program/kegiatan yang diselenggarakan At-Taqwa Centre (Masjid Raya dan Islamic Centre Kota Cirebon) diharapkan mampu memberikan inspirasi kegiatan keislaman yang mendorong pada kemakmuran Masjid itu sendiri, pelayanan jama’ah, dan kegiatan yang mampu mencerahkan, memberdayakan dan mencerdasakan para jama’ah dan    ummat Islam pada umumnya sesuai dengan tuntutan kebutuhan zaman. Diantara bentuk-bentuk program kegiatan MRA yang  inspiratif adalah:

Program creative dan inovative

Ide-ide kreatif dan inovative para pemakmur (Takmir/DKM Masjid) di bulan Ramadhan mutlak harus dilakukan, agar jama’ah masjid khususnya dan ummat Islam pada umumnya lebih tertarik untuk datang ke Masjid, merasa betah, nyaman, tertib, aman dan khusyu’ dalam beribadah di dalamnya. Untuk itu, MRA mengawali program Ramadhan dengan program bersih-bersih masjid, tarhib Ramadhan dengan kemasan open stage yang diisi orasi menyambut Ramadhan, demonstrasi, serta bhakti sosial; Program Taushiyah jelang berbuka puasa yang dikemas lebih interaktif dan disiarkan langsung oleh media live streaming di Youtube. Lomba Hafizh Cilik live on Radar Cirebon Televisi (RCTV) yang di gagas Rumah Tahfizh Qur’an (RTQ) At-Taqwa, Grand Launching Ramadhan Super Berkah At-Taqwa II (Launching Pesantren At-Taqwa Digital Preneurship, Kartu Sahabat At-Taqwa, Gerakan Wakaf Tunai), At-Taqwa Goes to School (talkshow seputar masalah Puasa Ramadhan dalam berbagai perspektif untuk para pelajar sekolah), Seminar Remaja dan Parenting.

MRA untuk Spiritual Journey

Ramadhan dikenal sebagai sarana tazkiyatunafsi (penyucian jiwa), MRA selain menyajikan menu taushiyah jelang berbuka dan kuliah subuh. Pembiasaan diri untuk berlatih sabar dalam menjalankan ketaatan kepada perintah Allah SWT, banyak dilatih dengan mengikuti shalat sunah tarawih satu malam satu juz (selain mendapatkan latihan kesabaran, juga melatih jiwa kita untuk senantiasa menyimak ayat-ayat suci Alqur’an yang dibacakan Imam, dari surat Al-Fatihah sd surat Annas selama 1 bulan penuh. Disamping itu, kegiatan I’tikaf dan Qiyamullail yang terbimbing bersama KH. Buya Yahya pada 10 hari terakhir dari bulan Ramadhan, menjadi nilai tambah dalam mengasah spiritualias keislaman setiap jama’ah.

Inspirasi untuk kualitas dan kuantitas

Program-program Ramadhan di MRA berusaha untuk berorientasi pada kualitas bukan semata-mata kuantitas. untuk itu MRA menyelenggarakan shalat sunnah tarawih, tidak sebatas menjaga tradisi yang 23 atau yang 11 rakaat (dengan witir), melainkan kualitas para petugas ibadahnya pun diseleksi dengan baik, imam tarawih  yang hafal Alqur’an (hafizh qur’an), dengan lagam tilawahnya yang standar, dengan target 1 malam 1 juz. Program pemberian 500 paket nasi (untuk ta’jil) setiap hari, dan 500 paket makan sahur bersama pada 10 hari terakhir dari bulan Ramadhan.

Inspirasi untuk ukhuwwah dan networking

Program Ramadhan MRA, juga diroientasikan untuk mengokohkan ukhuwwah Islamiyah. Selain shalat sunah tarawih, program buka puasa (ta’jil) yang diawali taushiyah (diikuti ratusan jama’ah dengan berbagai segment dan profesi,  sahur, I’tikaf dan qiyamullail yang dimanaj secara berjama’ah) dapat mengokohkan ukhwuwah dan kebersamaan diantara sesama Ummat Islam, yang jarang terjadi pada bulan-bulan yang lain; Program Tarawih dan Silturrahim (Tarhim) Keluarga Besar At-Taqwa Centre dari Masjid ke Masjid di 5 Kecamatan di Kota Cirebon, akan semakin mengokohkan ukhuwwah dengan sesama elemen umat Islam. Untuk memperluas jaringan, MRA juga  menerbitkan 1000 eksemplar Booklet Ramadhan yang berisi seputar informasi kegiatan Ramadhan di MRA dan berbagai artikel terkait serta informasi program panitia SRPH yang disebar ke berbagai instansi, baik pemerintah maupun swasta, serta perorangan.

MRA untuk Solidaritas dan Peduli Sosial

Program parsel cerdas (berupa perlengkapan sekolah) untuk pelajar kaum dhu’afa, bazar sembako murah, dan program bhakti sosial keagamaan (penyerahan bantuan sosial keagamaan dan perlengakapan ibadah dan Alqur’an), serta distrubusi Zakat, Infaq dan Shodaqoh (ZIS) kepada ribuan mustahiq yang diselenggarakan Laziswa At-Taqwa merupakan bukti nyata solidaritas dan kepedulian sosial MRA kepada masyarakat luas yang membutuhkan.

Sarana aktualisasi diri dan pengembangan kreatifitas pemuda dan remaja Islam;

Pada bulan Ramadhan, MRA benar-benar hadir menjadi sarana aktualisasi diri dan pengembangan kreatifitas pemuda, mahasiswa dan pelajar Islam (dari berbagai sekolah dan Perguruan Tinggi di Wilayah Cirebon). Branding Kegiatan Semarak Ramadhan Penuh Hikmah (SRPH) At-Taqwa adalah milik Remaja Masjid At-Taqwa, yang secara total kepanitiannya berasal dari aktifis-aktifis muda.  Disnilah mereka secara penuh dapat mengaktualisasikan diri dan mengembangkan kreatifitas mereka dalam berbagai aktifitas kepanitiaan kegiatan yang multi tema, sektor, dan multi peran, seperti Tarhib Ramadhan, seminar, Studi Islam Intensif (SII), Festival dan Bazar Ramadhan, Peringatan Nuzulul Quran, Melayani jama’ah masjid untuk berbuka puasa dan melaksanakan ibadah, tim sukses penyelenggaraan shalat I’dul Fitri, dll.

Geliat ekonomi berbasis Masjid

MRA juga berusaha memicu geliat ekonomi berbasis masjid. Kesadaran spiritual ummat Islam di bulan Ramadhan dirasakan sangat tinggi, jiwa sosial terpupuk dengan baik. Kondisi ini memberikan peluang agar kita sigap untuk memanfaatkan situasi ini dalam hal kebajikan dan kemaslahatan. Program Bazar Sembako bersubsidi dan aneka produk keluarga muslim, dari busana muslimah, kerajinan sampai dengan makanan/minuman kuliner untuk berbuka puasa menambah geliat ekonomi di masjid semakin meningkat.

Demikian ikhtiar program MRA ini, semoga menginspirasi siapa saja yang sedang belajar mendedikasikan dirinya untuk berusaha memakmurakn Rumah Allah, khusunya di bulan Ramadhan. Wallahu a’lam bi al shawwab

 

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.